Google: Tidak Ada Formula Sempurna untuk Peringkat Penelusuran; Bagaimana dengan Mitos SEO?

Rabu, 10 Januari 2024 19:43 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Google menyanggah mitos tentang formula peringkat, dan mendorong fokus pada pengalaman pengguna daripada jalan pintas SEO.

Dalam pernyataan di media sosial baru-baru ini, Search Liaison Google mengingatkan tidak ada formula laman yang sempurna yang harus diikuti oleh situs atau website untuk mendapatkan peringkat yang baik di hasil penelusuran.

Simak pernyataan 'orang dalam' Google, berikut ini!

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Hari ini saya ingin berbagi tentang keyakinan bahwa ada beberapa jenis formula "halaman sempurna" yang harus digunakan untuk mendapatkan peringkat tinggi di Google Penelusuran."

Google mengklarifikasi bahwa tidak ada formula peringkat universal yang ada meskipun ada klaim bahwa jumlah kata tertentu, struktur halaman, atau pengoptimalan lainnya dapat menjamin penempatan yang tinggi.

Lalu, kata Liaison lagi:

"Tidak ada, dan tidak ada seorang pun yang harus merasa,  bahwa mereka harus bekerja dengan suatu formula mitos. Sikap semacam itu merupakan kepercayaan yang sudah ada bahkan sebelum Google populer."

Menghilangkan Mitos SEO

 Dilansir dari laman searchenginejournal.com , alat bantu SEO pihak ketiga sering kali menyarankan untuk membuat halaman dengan cara tertentu agar berhasil dalam penelusuran. Namun, Google menegaskan, bahwa alat-alat atau tools ini tidak dapat memprediksi peringkat. 

Saran dari alat ini sering kali didasarkan pada pencarian rata-rata di antara halaman-halaman teratas, sementara algoritme Google menghargai kesamaan dan perbedaan yang unik.

"Saran dari pihak ketiga, bahkan artikel berita, mungkin menyarankan beberapa hal. Mengikuti saran tersebut tidak menjamin peringkat teratas. Selain itu, prediksi dan saran tersebut sering kali didasarkan pada melihat rata-rata - yang melewatkan poin bahwa halaman yang benar-benar berbeda dan unik dapat dan memang berhasil dalam pencarian."

Alih-alih rumus, saran Google adalah fokus untuk membantu dan relevan bagi pengguna. Misalnya, jika byline penulis sesuai dengan tujuan halaman untuk pembaca, sertakanlah - tetapi bukan karena hal tersebut dapat meningkatkan peringkat.

Simak lagi simpulan dari Liaison berikut!

"Saran utama dari Google adalah untuk fokus melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi pembaca Anda. Sebagai contoh, jika masuk akal bagi pembaca Anda untuk melihat byline untuk sebuah artikel (dan mungkin saja!), lakukanlah untuk mereka. Jangan lakukan itu karena Anda pernah mendengar bahwa memiliki byline akan membuat peringkat Anda lebih baik di Google (ternyata tidak).

Utamakan pembaca dan audiens Anda. Bantulah mereka. Jika Anda melakukan hal ini, jika Anda melakukan sesuatu untuk mereka, Anda akan lebih mungkin untuk menyelaraskan diri dengan sinyal yang sama sekali berbeda yang kami gunakan untuk memberi penghargaan pada konten."

Hal penting

Hal penting yang dapat diambil dari pesan Google tulis Matt G. Shoutern, adalah mengadopsi pendekatan yang mengutamakan pembaca. Bagi mereka yang mengharapkan satu cetak biru yang sempurna untuk mendapatkan peringkat yang terjamin, pesan Google tetap konsisten - tidak ada formula seperti itu. Tetapi membuat konten yang benar-benar sesuai dengan tujuannya. Hal itu akan terus dihargai. ***

Bagikan Artikel Ini
img-content
Slamet Samsoerizal

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru

img-content
img-content
img-content

test

Rabu, 17 Juli 2024 08:22 WIB

img-content
img-content
Lihat semua

Terkini di Pilihan Editor

img-content
img-content
img-content
Lihat semua

Terpopuler di Pilihan Editor

Lihat semua