4 Masalah Utama Komunikasi Interpersonal

Kamis, 14 Mei 2020 17:16 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
img-content
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Tentang Masalah Komunikasi Interpersonal.

Komunikasi interpersonal mengacu pada komunikasi antara orang-orang.

Orang-orang umumnya bertukar pikiran, kepercayaan, sikap, perasaan, dan lain-lain. Di antara mereka melalui komunikasi ini terutama dalam bentuk percakapan tatap muka.

Tetapi sering diamati bahwa sejumlah alasan menghambat komunikasi antarpribadi dalam organisasi.

Jadi untuk membuat komunikasi antarpribadi yang efektif, faktor penghambat harus dideteksi dan kemudian dihapus.

Untuk mendeteksi faktor-faktor penghalang ini, model komunikasi interpersonal disajikan di bawah ini

Dari model di atas, kita dapat memperoleh asumsi berikut tentang komunikasi antarpribadi

  • Motif interpersonal selalu melekat dalam pikiran pengirim proses komunikasi antarpribadi. Motif ini mungkin tidak selalu diungkapkan; mungkin tetap dalam pikiran bawah sadar pengirim.
  • Banyak penerima dapat menebak motif interpersonal yang melekat dari pengirim secara sadar atau tidak sadar. Anggapan penerima ini dikenal sebagai persepsi interpersonal.
  • Persepsi antarpribadi tentang penerima ini menciptakan reaksi atau sentimen di benak penerima.
  • Sentimen penerima sekali lagi memengaruhi motif komunikasi interpersonalnya.

Penting untuk menunjukkan di sini bahwa untuk membangun komunikasi yang efektif, baik pengirim dan penerima harus menyadari dan memperhatikan unsur-unsur intrapersonal dan interpersonal mereka.

Sekarang, dengan memeriksa model komunikasi interpersonal kita dapat mendeteksi bidang-bidang berikut di mana komunikasi intrapersonal dan interpersonal terhambat:

  1. Tidak Sadar tentang Motif Komunikasi
    Jika orang-orang tetap tidak sadar tentang motif komunikasi mereka, komunikasi mereka dengan orang lain tidak akan efektif.
  2. Masalah dalam Motif Encoding
    Ketika motif pengirim tidak dikodekan oleh mereka dengan benar, ini juga menciptakan masalah dalam membangun komunikasi yang efektif dengan orang lain.
  3. Persepsi Interpersonal yang Tidak Akurat
    Persepsi interpersonal yang tidak akurat dari penerima juga dapat menciptakan hambatan dalam komunikasi. Masalah ini dapat terjadi pada saat decoding pesan jika penerima memegang persepsi yang salah (sikap stereotip) terhadap pesan.
  4. Non-pengakuan Emosi
    Karena emosi adalah faktor bawaan dari manusia, itu dianggap sebagai elemen komunikasi intrapersonal. Jika emosi kedua belah pihak tidak diidentifikasi sebagaimana mestinya selama komunikasi, komunikasi akan gagal.

Komunikasi interpersonal mengacu pada komunikasi antara orang-orang. Komunikasi interpersonal dapat terhambat karena beberapa kekurangan dalam keterampilan komunikasi.

***
Solo, Kamis, 14 Mei 2020. 1:35 pm
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
antologi puisi suko

Bagikan Artikel Ini
img-content
Suko Waspodo

... an ordinary man ...

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru

img-content
img-content
img-content

test

Rabu, 17 Juli 2024 08:22 WIB

img-content
img-content
Lihat semua

Terpopuler di Urban

Lihat semua